Selasa, 19 Juni 2012

meningkatkan konsentrasi




Susah untuk konsentrasi? Ya, itulah masalah sebagian besar siswa dalam belajar. Sulit memang untuk memusatkan perhatian ketika belajar, di rumah atau di sekolah. Banyak hal yang menyebabkan terganggunya konsentrasi, yang akhirnya cenderung melakukan yang lain yang tidak ada hubungannya dengan yang sedang di pelajari. Sebagian orang bisa berkonsentrasi untuk rentang waktu yang panjang, tetapi sebagian orang lagi tidak bisa berkonsentrasi untuk rentang waktu yang panjang. Walaupun kita tidak bisa berkonsentrasi pada waktu yang lama, tetapi kita bisa memusatkan fikiran pada sesuatu yang benar-benar kita minati. Untuk bisa meningkatkan kemampuan  berkonsentrasi kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh untuk melakukannya. Tidak ada keberhasilan tanpa kesungguhan
Nah, yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Siapkanlah pusat belajar di rumah. Berusahalah membuat ruang belajar sebagai ruang khusus hanya untuk belajar. Hendaknya tidak ada keributan, mainan, atau hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian. Singkirkan segala sesuatu yang menggangu. Rasakan apakah sudah ada kesenangan dan kenyamanan untuk belajar.
  2. Mulailah dengan sesi atau waktu belajar yang pendek saja, tidak perlu lama-lama. Hal ini dimaksudkan agar kita terbiasa dengan belajar, kemudian untuk selanjutnya tambah waktu belajar lima atau sepuluh menit setiap harinya sampai kita mencapai target yang kita inginkan.
  3. Canangkan target kecil dan berilah selamat pada diri sendiri ketika target itu tercapai. Dengan adanya target dapat memotivasi diri untuk terus menerus belajar, dan ketika target itu sudah tercapai, maka kita hendaknya memberi hadiah atau reward terhadap diri sendiri sebagai penguat apa yang akan kita capai selanjutnya. Motivasi diri sendiri dengan merasakan  kebanggaan pada apa telah berhasil dicapai. Katakan, ternyata kita bisa, seperti orang lain juga bisa.
  4. Kalau kita mulai lelah dalam belajar, atau sudah mulai tidak konsentrasi, maka berhentilah sejenak, rileks sebentar atau kalau kita membutuhkan untuk tidur maka tidurlah terlebih dahulu.
  5. Berusahalah sekuat-kuatnya untuk tertarik dengan apa yang sedang kita pelajari. Temukan sisi-sisi yang menyenangkan dan buang atau lupakan sisi-sisi jeleknya dari apa yang sedang dipelajari. Apabila kita merasa bosan, carilah teman yang menyukai pelajaran tersebut.
  6. Dan datanglah ke sekolah dengan pertanyaan yang sudah disiapkan untuk guru di kelas. Bila kita mencoba untuk bertanya berarti kita memberi tanggung jawab pada diri untuk mendengarkan jawaban guru. Maka konsentrasi kita akan semakin meningkat.
  7. Aktiflah ketika belajar. Jangan tidak melakukan sesuatu atau diam saja. Maksudnya adalah bikinlah catatan, garis bawahi atau tuliskan pertanyaan, warnai tulisan, gambarlah diagram, baca keras-keras, dan yang terakhir ujilah diri sendiri dengan pertanyaan yang berkaitan dengan apa yang kita pelajari. Ungkapkan apa yang terasa sehubungan dengan pelajaran yang dipelajari.
  8. Sebagian dari kita adalah “burung pipit” atau orang pagi. Dan sebagian lainnya adalah “burung hantu” atau orang malam. Burung hantu tidak suka belajar pada pagi hari dan burung pipit tidak suka belajar pada malam hari. Hal tersebut adalah sebuah kiasan yang artinya adalah bahwa kita hendaknya belajar pada saat situasi dan kondisi yang kita anggap baik dan merupakan waktu puncak dimana kita bisa menyerap apa yang kita pelajari dengan baik.
Demikianlah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan konsentrasi kita. Percayalah bila kita mau maka kita akan mampu dan bila kita membiasakan kita akan bisa. Cobalah untuk berfikir mudah, jangan berfikir sulit. Semoga…

1 komentar: